Kelainan Sendi Temporomandibuler | jamu hembing

Kelainan Sendi Temporomandibuler

July 9th, 2012 0 Comments

Pengertian Sakit Kelainan Sendi Temporomandibuler

Kelainan sendi temporomandibular atau TMJ sindrom, merupakan suatu keadaan keradangan akut atau kronis dari sendi temporomandibular, yang berhubungan dengan rahang bawah. Kelainan yang terjadi pada TMJ dapat menyebabkan sakit yang signifikan dan kerusakan.

 

Penyebab Menderita Kelainan Sendi Temporomandibuler

Sendi temporomandibular menggabungkan gerakan engsel dengan gerakan geser. Bagian-bagian tulang yang berinteraksi di sendi ditutupi dengan tulang rawan dan dipisahkan oleh disk yang menyerap goncangan kecil, yang membuat gerakan halus.

Gangguan sendi rahang dapat terjadi jika:

  • Disk terkikis atau bergerak keluar dari keselarasan yang tepat.
  • Tulang rawan sendi yang rusak oleh karena arthritis
  • Sendi rusak oleh pukulan atau dampak lainnya.
  • Otot-otot yang menstabilkan sendi menjadi lelah karena terlalu banyak pekerjaan, yang dapat terjadi jika kerot.

Dalam banyak kasus lain, penyebab gangguan sendi rahang seringĀ  tidak jelas.

 

Gejala Kelainan Sendi Temporomandibuler

Kelainan sakit sendi rahang umumnya terjadi karena aktivitas yang tidak berimbang dari otot-otot rahang dan/atau spasme otot rahang dan pemakaian berlebihan. Gejala-gejala bertendensi menjadi kronis dan perawatan ditujukan pada eliminasi faktor-faktor yang mempercepatnya. Banyak gejala-gejala mungkin terlihat tidak berhubungan dengan TMJ sendiri. Berikut adalah gejala-gejala yang umum:

Sakit Kepala;

Hampir 80% pasien dengan gangguan sendi rahang mengeluh tentang sakit kepala, dan 40% melaporkan sakit muka. Sakitnya seringkal menjadi lebih ketika membuka dan menutup rahang. Paparan kepada udara dingin atau udara AC dapat meningkatkan kontraksi otot dan sakit muka.

Sakit Telinga;

Kira-kira 50% pasien dengan gangguan sendi rahang merasakan sakit telinga namun tidak ada tanda-tanda infeksi. Sakit telinganya umumnya digambarkan sepertinya berada di muka atau bawah telinga. Seringkali, pasien-pasien dirawat berulangkali untuk penyakit yang dikirakan infeksi telinga, yang seringkali dapat dibedakan dari TMJ oleh suatu yang berhubungan dengan kehilangan pendengaran (hearing loss) atau drainase telinga (yang dapat diharapkan jika memang ada infeksi telinga). Karena sakit telinga terjadi begitu umum, spesialis-spesialis kuping sering diminta bantuannya untuk membuat diagnosis dari gangguan sendi rahang.

Bunyi-Bunyi:

Bunyi-bunyi kertakan (grinding), kercek (crunching) dan meletus (popping), secara medis diistilahkan crepitus, adalah umum pada pasien-pasien dengan gangguan sendi rahang. Bunyi-bunyi ini dapat atau tidak disertai dengan sakit yang meningkat.

Pusing;

Dari pasien-pasien dengan gangguan sendi rahang, 40% melaporkan pusing yang samar atau ketidakseimbangan (umumnya bukan suatu spinning type vertigo). Penyebab dari tipe pusing ini tidak diketahui.

Kepenuhan Telinga;

Kira-kira 30% pasien dengan gangguan sendi rahang menggambarkan telinga-telinga yang teredam (muffled), tersumbat (clogged) atau penuh (full). Mereka dapat merasakan kepenuhan telinga dan sakit sewaktu pesawat terbang berangkat (takeoffs) dan mendarat (landings). Gejala-gejala ini umumnya disebabkan oleh kelainan fungsi dari tabung Eustachian (Eustachian tube), struktur yang bertanggung jawab untuk pengaturan tekanan ditelinga tengah. Diperkirakan pasien dengan gangguan sendi rahang mempunyai aktivitas hiper (spasme) dari otot-otot yang bertanggung jawab untuk pengaturan pembukaan dan penutupan tabung eustachian.

Dengung Dalam Telinga (Tinnitus);

Untuk penyebab-penyebab yang tidak diketahui, 33% pasien dengan gangguan sendi rahang mengalami suara bising (noise) atau dengung (tinnitus). Dari pasien-pasien itu, separuhnya akan hilang tinnitusnya setelah perawatan TMJnya yang sukses.

Pantangan makanan Kelainan Sendi Temporomandibule

Bagi penderita Kelainan Sendi Temporomandibuler tidak mempunyai Pantangan khusus, tapi mungkin yang sangat penting perlu di perhatikan adalah kurangi mengkonsumsi jenis makanan yang keras, supaya kerja mulut terutama rahang tidak terlalu berlebihan sehingga terhindar dari cedera rahang Sendi Temporomandibuler.

 

 

 

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Kelainan Sendi Temporomandibuler”

  1. Comments are closed.

Kontak Kami:

 

T-Sel : 081372870086

XL : 087848145600

WA : 081372870086

Bbm : 7DD7EF1A

Caranya Transfer Ke:

BCA: 8930356019

BNI: 0618520203

BRI: 6790012349530

MANDIRI:1800001211392

NAMA: ASEP KUSWANDI

MANDIRI:1390010125510

NAMA: AWAN UKAYA